Kerusakan Tv Tabung Wcom


1. Mengatasi TV Cina Teg B+ Over




Mengatasi TV  Cina Teg B+ Over


TV cina W-Com 29 inch... dgn Gejala Teg B+ Over...

TV masuk dalam keadaan Mati Total.. 

Hasil pengecekan di bagian PSU tdk ada masalah... 
Lanjut pengecekan di bagian Horizontal.. sy temukan TR Hor dalam keadaan Tewas..

sy coba ganti TR Hor dgn tipe D2499,, kemudian tv sy on... Terakkkkk terakkk Platakkkkkkk,,,, buru buru cabut cabut steker kontak....

sy lihat ic Vertikal tinggal Besi.. sedangkan nomor nya entah terlempar kemana..hadehhh


sy lepas ic vertikal LA78040 dan TR hor D2499,,, sy coba on tv,,, sambil ukur tek B+... ternyata Jarum tester tdk berhenti di skala 200v...pantes ic vertikal meledak.. untung elko 160v gak meledak..hehhehee..


Pemeriksaan di bagian Primer yaitu Transistor A1015, Copler,  Zener C1815 tdk ada masalah.... pengecekan berlanjut di bagian Trinport VR B+.. di sini ada kejanggalan..



sebab VR di putar  sepertinya tdk pengaruh / tdk berfungsi. 

Pemeriksaan di bagian pendukungnya,,, sy temukan R552=47k dalam keadaan Mati suri..heehhehe...





perhatikan tanda panah di atas










Lihat gambar di atas





 dan yg ini di bagian bawah PCB,,,,

setelah pergantian R tersebut... Teg B+ sudah tdk over lagi,,, VR B+ juga suda dapat di Adjas dgn baik....,, semoga Postingan ini dapat bermamfaat  khusus bagi pemula... T/Kasih.. salam sukses 
http://muaslanelektronik.blogspot.co.id/2016/03/mengatasi-tv-cina-teg-b-over.html




2. KERUSAKAN WARNA GAMBAR TV CINA




TV PANASONIC SUDAH DI UPGRADE KE MESIN WCOM


Kedatangan TV Panasonic QuantrixF menurut yang punya, Gambar Gelap Gimana gitu..?
Setelah Casing saya buka,,, Ternyata mesinnya sudah di Perbaharui dengan mesin cina versi WCOM....

saya coba solder ulang semua part yang ada.. maklum sudah banyak solderan yang retak.. kemudian TV saya coba ON.. Terlihat di layar gelap sekali, kemudian saya naikan tegangan sekreen,, terlihat lah OSD tapi BLURRR...


Langsung Fonis Soket RGB korosi.



Setelah soket RGB saya ganti... tv saya start, belum sempat ada tampilan layar.. terdengar bunyi klek klek klek.. seiring LAD indikatornya ikut berkedip..


Bunyi tersebut menandakan kalau TR hor atau FBT Shot/rusak... TV saya matikan,, saya chek Transistor Horizontal ternyata masih aman..


Berarti FBT yang koit...seri BSC25-T1010



 Setelah pergantian FBT, TV saya satart.... Terlihat dilayar Gambar agak kemerahan.. langsung masuk sermod.. Ubek Ubek Bagian Warna .. Ternyata B-Bias Tidak merespon manakala R-BIA dan G-BIA.. semua merespon...





saya coba Risolder ulang lagi bagian Matrix RGB, Sambil cek TEG INPUT dari CROMA R=2.6v, G=1,8v , B= 1.6v  dan teg di Katoda RGB, R=136v, G=165v , B = 178v  ,,semua masih normal,,

.


Saya coba Shotkan katoda KB ke grund, ternyata kilatan Biru dari tabung terlihat terang.. menandakan katoda Biru masih aman... 


HAMPIR 3 Jam Ubek ubek di bagian Matrix RGB tapi tidak membuahkan hasil... INI benar benar menantang apa lagi Bagi Pemula seperti saya...hadehhh... 


TV saya Tinggal .. saya kerjakan kipas angin dan Reciver dulu,, sambil tetap mikir mikir,,, 

Sejam Kemudian... saya coba ubek ubek lagi.. coba tukar tukar jalur.. Jalur KR pindah ke jalur KB Jalur KB pindah Ke jalur KR.. Inputnya juga saya ubah.. INput KR pindah ke input KB, KB pindah ke INput KR.. ini bertujuan untuk memastikan rangkain jalur KB kerja apa tidak... Ternyata hasilnya sama.. Warna Biru Tetap Ngotot gak mau keluar..

.


Ya,, Udah,, Masa udah 4 jam lebih.. belum kelar kelar juga,,padahal kerusakannya SEPELE,

Ternyata ada Part Yang terlewatkan Belum Di UPSEN.. Sambil Pelototi Part kecil tiga sederet berjejeran kecil MUNGIL itu sambil Tester siap Tempur...pas tester  di sentuhkan.. ternyata Jarum Gak bergerak.. menandakan si Kecil udah MATIIIIII..  


yaitu Resistor 3 berjejer ukuran 100.ohm Berfungsi sebagai filter/jembatan teg INPUT RGB




langsung ganti pemain.... TV saya coba start,,, Clinggggg... gambar langsung NORMAL





inilah pengalaman Terlama saya dalam Mengatasi Kerusakan RGB matrix... 

Walaupun sudah sering mengalaminya,, Namun Belum Pernah Menemukan Resistor IN RGB Terukur Putus.. hehhehehehe... Muda2han bisa berguna buat Pemula seperti saya dan lainnya... salam SOLDER ,, SuKseS Selalu...



Artikel Lainnya:



 

Comments

Popular posts from this blog

Kerusakan Tv Tabung LG

Kerusakan Tv Tabung Sharp

Kerusakan Tv Tabung Polytron